Keluarga Mahasiswa Bidik Misi (Kamadiksi) UGM merupakan organisasi yang baru ‘tumbuh’, baru terbentuk dua tahun lalu. Oleh Karena itu, dengan tujuan membina karakter pengurus Kamadiksi 2012/2013 sekaligus sebagai kegiatan konsolidasi, Direktorat Kemahasiswaan mengadakan Outbond dan Malam Keakraban di puncak Gunung Lawu Tawangmangu Karanganyar. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 13-14 Juli 2012.

     Seluruh peserta yang berjumlah 60 orang berkumpul untuk pembagian Id-Card, kaos, dan makan siang sekaligus persiapan pemberangkatan di halaman gedung pusat UGM. Setelah itu, rombongan diangkut dengan 2 bus menuju lokasi selama 3,5 jam perjalanan. Rombongan tiba di Tawangmangu tepat saat adzan maghrib berkumandang. Seluruh peserta kemudian diperkenankan untuk istirahat, sholat dan makan malam bersama. Kemudian, seluruh peserta mengikuti pembukaan kegiatan yang dipimpin oleh Direktur Kemahasiswaan, Bpk. Drs. Haryanto, M.Si. dan diikuti pula oleh Sekretaris Direktur Kemahasiswaan, Sunarto, S.Sos., dan MM., Drs. Samino, MM. selaku bagian sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa. Setelah itu, Bapak Haryanto memperkenalkan para trainer, yang langsung membagi peserta ke dalam beberapa kelompok untuk mengikuti permainan human-machine, yaitu setiap kelompok diharuskan memperagakan kerja mesin / alat elektronik apapun. Permainan ini mengharuskan tiap anggota dalam kelompok untuk berperan sesuai bidangnya dan dibutuhkan kerja sama dari seluruh elemen.

Image

     Kegiatan malam ditutup dengan pemberian tugas kepada seluruh peserta, yaitu membuat jargon. Setelah melewati debat sengit, akhirnya diputuskan bahwa ketika ada teriakan pemantik: “UGM…” maka seluruh peserta akan berteriak: “Semangat Palapa”. Setelah itu, seluruh tamu undangan dari pihak Dirmawa dan para trainer meninggalkan para peserta di area kegiatan. Itu artinya, para peserta harus bertanggung jawab terhadap seluruh anggota kelompok dengan memanfaatkan semua sumber daya yang telah disediakan oleh para trainer, antara lain makanan ringan, minuman hangat, kayu untuk api unggun, dan lain-lain selama semalam suntuk.

     Esok harinya (14/07), peserta mengikuti senam bersama, kemudian sarapan dan bersih diri. Setelah semua peserta siap, mereka melakukan kegiatan outdoor. Permainan-permainan yang mereka ikuti antara lain ‘voli kain’, ‘jembatan tali’, dan ‘tarik air’. Seluruh permainan tersebut memerlukan kerja sama tim, peran individu, sikap optimis dan fokus. Sikap-sikap tersebut diharapkan dapat diaplikasikan dalam kepengurusan Kamadiksi selama satu periode ke depan.

     Salam Kamadiksi!